Tuesday, November 28, 2017

eksplorasi day 3

Output time !!!!!
Hari ke 3 eksplorasi, aku bangun jam 6.00 untuk bersiap melaut bersama pak Bahari tapi karena pak Bahari mendadak tidak enak badan jadi  mas Ibnu yang menggantikannya.
Mas Ibnu mengajakku melaut siang hari, jadi aku masih sempat diajak memancing oleh adiknya mas Ibu, mas Lukman,  di sekitar RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) untuk mengumpulkan umpan yang nanti siang akan digunakan saat memancing bersama mas Ibnu. Aku mendapatkan 2 ikan, lumayan untuk memancing di tengah laut nanti siang. Tiba-tiba mas Lukman mengajakku berenang sebentar di tempat kita memancing itu. Saat di perjalanan mengambil baju renang di rumah aku bertemu Aza aku mengajak Aza berenang juga, Aza mau akhirnya dia ikut aku ke RPTRA. Kita foto bareng disana, karena hari menjelang siang kita pulang ke rumah dan siap-siap untuk mencari bahan output.

Aku, Yudhis dan Aza langsung disediakan makan siang karena karena beliau tau kita akan segera berangkat. Tidak lama menunggu mas Ibnu datang dan akupun langsung siap-siap untuk pergi. Kitapun berangkat dengan perahu milik pak Bahari.
Tempat pertama yang kita datangi namanya adalah tendak,  mas Ibnu selalu memancing di sini karena ikannya sangat banyak. Sambil memancing aku diajarkan teknik dan cara memancing khas orang pulau Harapan, bukan menggunakan pancingan besar melainkan hanya menggunakan segulung benang pancing dan pemberat.

Sesampainya di pulau Harapan kita langsung melihat jumlah ikan yang kita bawa ternyata lumyan banyak tapi kecil-kecil :(, sesudah mengcek hasil ikan ibu Umamah menyediakan makan malam untuk yang sehabis mancing tadi. Ibu Umamah menyediakan mie instan dan ikan goreng, karena kita besok harus pulang pagi jadinya kita langsung istirahat tidur.